MOBILLAKU

MOBILLAKU
MOBILLAKU

Tuesday, December 16, 2014

Mesin Overheat, Segera Periksa Radiator


Berkurangnya air radiator biasanya disebabkan karena penguapan dan kebocoran.

MOBILLAKU - Sederhananya, jika mesin mobil jadi panas drastis, maka segera Anda mengecek kondisi radiator mobil, perhatikan air radiator apakah habis atau masih normal. Berkurangnya air radiator biasanya disebabkan karena penguapan dan kebocoran.

Radiator merupakan komponen penting untuk menjaga kondisi mesin, dimana radiator berfungsi sebagai pengatur suhu mesin. Sedangkan air radiator (water cooling system) bertugas mendinginkan mesin. Air radiator perlu diganti secara berkala, jika tidak akan menimbulkan korosi. 

Kali ini MOBILLAKU mencoba berbagi bagaimana melakukan perawatan terhadap radiator mobil, yang dipandu oleh pemilik bengkel Berkah Jaya Abadi, Hendra. 

Menurutnya, jika bepergian jauh, hendaknya mengecek kondisi air radiator, pastikan tidak kurang dari batas yang ditentukan. Selain itu, isi air radiator dengan air murni H2O. Dan sebaiknya mencampurkannya dengan radiator coolant.

Radiator coolant berfungsi sebagai pelumas, memperlambat terjadinya korosi, dan meningkatkan titik didih air.

Perlu diingat, radiator coolant sebaiknya tidak ganti-ganti merek untuk menghindari reaksi kimia berlebih antar merek. Karena setiap merek mencampur bahan kimia yang berbeda takarannya.

Sementara itu, saat pengisian, lanjut Hendra, pastikan kondisi mesin sudah dingin. Karena, tekanan air didalam radiator lebih besar dari tekanan udara diluar radiator, menyebabkan air akan menyemprot keluar.

Untuk perawatannya, Hendra menjelaskan. jika tidak sempat service radiator, cukup kuras airnya saja boleh, untuk mengurangi endapan dan kerak-kerak didalamnya. Hal ini agar mesin tidak over heat karena radiator tidak dapat bekerja maksimal. 

Jika terjadi kebocoran dalam sistem, dimana air radiator terhisap masuk ke ruang bakar atau ke dalam sistem pelumasan. Anda bisa mengetahuinya dengan mengecek kondisi oli terlebih dahulu. 

Apabila warna oli berubah seperti susu, tandanya air telah masuk ke dalam sistem pelumasan. Jika warna oli tidak berubah, kemungkinan air terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Maka, segeralah bawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

(BY)

Sumber : http://mobillaku.com/berita/tips--tricks/read/2014/03/24/3275/mesin-overheat-segera-periksa-radiator


No comments:

Post a Comment