MOBILLAKU

MOBILLAKU
MOBILLAKU

Thursday, December 18, 2014

Periksa Busi Kendaraan Anda Secara Rutin


Busi menjadi salah satu sumber pengapian dalam kendaraan. Penting untuk menjaga kebersihannya agar kendaraan tetap melaju dengan baik. 

MOBILLAKU - Busi merupakan komponen penting pada mobil. Kondisi busi akan sangat memengaruhi kenyamanan Anda, baik itu sebelum dan saat berkendara. Busi yang tua dan lemah biasanya susah untuk distarter di pagi hari dan mesin terasa tersendat-sendat karena pembakaran yang tidak stabil. 

Kenapa bisa demikian? Busi tersambung ke koil pengapian yang menghasilkan ribuan volt. Mesin pembakaran internal dapat dibagi menjadi mesin dengan percikan, yang memerlukan busi untuk memercikan campuran antara bensin dan udara. Saat busi sudah mulai kotor (berkerak), aliran listrik tidak berjalan dengan stabil dan menyebabkan mobil kekurangan tenaga. Kekurangan tenaga inilah yang menyebabkan mobil susah di starter dan mesin terasa tersendat-sendat. 

Jika busi mobil atau motor anda sudah rusak/mati maka yang harus di lakukan adalah penggantian busi, karena kalau tidak, akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin lainnya. Akan tetapi jika busi hanya kotor bisa di bersihkan. Ini langkah-langkah yang harus di lakukan saat Anda ingin membersihkan busi :

1.Periksa kondisi busi
Jika kondisi busi anda sudah rusak/mati yang harus di lakukan adalah mengganti busi yang baru. Berikut adalah kondisi-kondisi busi :
A. Jika busi berwarna coklat, berarti busi tersebut sudah harus di ganti (Karena masa habis pakai busi yang sudah lama atau kerusakan pada busi itu sendiri)
B. Jika busi berwarna hitam berkerak atau gosong, berarti ada yang salah pada pada setelan bahan bakar dan udara, dan segera cek aliran bensin dan komponen kelistrikan lainnya
C. Jika busi berwarna kekuningan, artinya terjadi panas yang berlebihan pada mesin, segera cek radiator dan komponen pendingin lain nya

2.Bersihkan busi
Jika kondisi busi anda sudah rusak atau mati maka gantilah dengan busi yang baru, jika hanya kotor maka lakukanlah pembersihan, berikut adalah cara pembersihan busi :
A. Segeralah membersihan dengan sikat kawat atau sikat gigi dengan membersihkannya menggunakan bensin 
B. Sikat perlahan sampai busi itu bersih
C. Jika pada bagian elektroda masih belum bersih, bersihkanlah menggunakan amplas setelah itu sikat gigi menggunakan larutan bensin tersebut
D. Penyetelan jarak terhadap elektroda, penyetelan terhadap elektroda negatif dan elektroda tengah untuk memberikan percikan yang optimal, gunakan obeng untuk menyetelnya. Perhatikan jarak elektroda, usahakan tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh, biasanya jarak elektroda dari 0.6mm sampai 0.8mm

3.Pemasangan busi
Jika busi sekiranya sudah bersih dari kotoran yang menempel, pasang kembali busi sampai benar-benar terpasang, gunakanlah kunci busi untuk mengencangkannya kembali.

Demikian tips & trik untuk mengecek dan membersihkan busi. 

(Berbagai sumber) 

Sumber : http://mobillaku.com/berita/tips--tricks/read/2014/12/18/3998/periksa-busi-kendaraan-anda-secara-rutin

No comments:

Post a Comment